PUSAT KESEHATAN TNI, ALAMAT MABES TNI GD. IGNATIUS ADI SUCIPTO,B-III LT. VI-VII CILANGKAP, JAKARTA TIMUR, email : puskestni@yahoo.co.id

Monday, January 31, 2011

SEBUAH PEMIKIRAN BAGI PERKEMBANGAN KORP KESEHATAN TNI


Marsda TNI dr. Mariono R, Sp.OG, Sp.KP
Kapuskes TNI

            Kesehatan adalah sesuatu yang sangat penting bagi perjalanan hidup seseorang sejak saat pembuahan (konsepsi) sampai akhir hayatnya, Untuk mendapatkan hasil konsepsi yang baik dan  bermutu, harus berasal dari “bibit” (sperma dan sel telur) yang baik pula, yang hanya bisa dihasilkan oleh manusia yang memiliki kesehatan yang prima.   

          Kemudian  proses dari hasil konsepsi, lahir dan tumbuh kembang menjadi manusia dewasa yang juga memerlukan tingkat kesehatan yang baik dan prima.   Apabila proses alamiah ini berjalan dengan mulus, maka akan dihasilkan manusia yang memiliki kualitas prima yang dapat diandalkan untuk menjadi tulang punggung pembangunan Nasional .
            Indonesia membutuhkan manusia prima tersebut agar dapat mengantarkan Indonesia menjadi bangsa yang disegani di dunia.    Salah satu element pembangunan bangsa adalah TNI yang merupakan garda terdepan dalam menjaga keutuhan wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke, dari  Miangas sampai  Pulau Rote.  Sebagai garda terdepan diperlukan persyaratan kualifikasi yang sangat ketat sehingga diharapkan diperoleh personel-personel TNI yang tanggap, tanggon dan trengginas yang sanggup ditugaskan dimana saja diseluruh pelosok tanah air.

            Puskes TNI sebagai institusi kesehatan Kes TNI tertinggi yang mengkoordinir kegiatan kesehatan matra TNI, bertanggung jawab terhadap penyiapan personel terutama dibidang kesehatan mulai dari proses rekrutment, kegiatan permeriksaan berkala selama dalam masa kedinasan, proses seleksi pendidikan maupun pra dan purna tugas agar selalu tersedia personel TNI yang siap untuk bertugas melaksanakan Tupok TNI.

            Untuk  dapat melaksanakan tugas dan fungsi tersebut diatas, Kesehatan TNI membutuhkan sarana dan prasarana kesehatan yang  memadai sesuai standar nasional/internasional serta SDM yang professional di bidang keilmuannya masing-masing.     Untuk itu kelengkapan peralatan kesehatan dan pendidikan SDM menjadi prioritas utama disamping pembenahan organisasi dan manajemen kesehatan TNI sesuai dengan perkembangan situasi dan kondisi ekonomi dan ilmu kedokteran.