PUSAT KESEHATAN TNI, ALAMAT MABES TNI GD. IGNATIUS ADI SUCIPTO,B-III LT. VI-VII CILANGKAP, JAKARTA TIMUR, email : puskestni@yahoo.co.id

Tuesday, October 22, 2013

Penutupan Latihan Combat Live Saver TA.2013



Jakarta,Jum’at (11/10) bertempat di Mapusdikkes Kodiklat TNI AD dilaksanakan Upacara Penutupan latihan Combat Live Saver bagi Personel Kesehatan TNI TA. 2013 , bertindak selaku Irup Sekretaris Pusat Kesehatan TNI dan dihadiri para pejabat Kesehatan jajaran TNI.


Dalam amanat tertulis Kapuskes TNI, yang dibacakan Irup menyampaikan bahwa sesuatu yang perlu diingat bahwa hampir 90% kematian di medan perang terjadi sebelum korban mencapai fasilitas perawatan medis.
Sebagian besar kematian diakibatkan oleh trauma yang hebat dan luka besar di kepala, akan tetapi ada beberapa kondisi yang sebenarnya dapat ditangani langsung di lapangan seperti perdarahan pada lengan dan kaki serta permasalahan adanya sumbatan jalan nafas.
Latihan Combat Live Saver ini di ikuti oleh Personel Kesehatan TNI dari ketiga Matra, latihan ini dilaksanakan selama 5 hari, adapun materi latihan yang diberikan meliputi teori di kelas kemudian dilanjutkan dengan aplikasi di lapangan yang dilaksanakan di daerah Latihan Tajur Bogor. sumber www.pusdikkes.mil.id