PUSAT KESEHATAN TNI, ALAMAT MABES TNI GD. IGNATIUS ADI SUCIPTO,B-III LT. VI-VII CILANGKAP, JAKARTA TIMUR, email : puskestni@yahoo.co.id

Tuesday, July 16, 2013

Danlantamal IV Tanjung Pinang buka Pelatihan Peer Leader TNI Pencegahan HIV/AIDS

Jakarta, 3 Juli 2013,-- Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI Agus Heryana, S.E., mewakili Kapuskes TNI membuka pelatihan dan pembekalan perwira TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara yang tergabung dalam Peer Leader pencegahan HIV/AIDS yang berjumlah 25 orang peserta, berlangsung tanggal 2 hingga 5 Juli 2013 di Hotel Aston Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Selasa (2/7).

Dalam sambutan Kapuskes TNI Mayor Jenderal TNI dr. Komarudin Boenjamin, Sp.U., yang dibacakan Komandan Lantamal IV Laksamana Pertama TNI Agus Heryana,S.E., mengatakan, Peer Leader adalah bagian dari upaya penanggulangan HIV/AIDS khususnya upaya pencegahan yang menggunakan pendekatan perubahan perilaku. Selama pelatihan peserta akan dibekali dengan pengetahuan yang terkait dengan pencegahan HIV dan ketrampilan untuk mengkomunikasikan pengetahuan yang didapat kepada rekan kerja dan anak buah di satuan masing-masing.

Dikatakan pula bahwa pelatihan tersebut diprioritaskan bagi para perwira non kesehatan yang berpotensi untuk terlibat secara aktif dalam program penanggulangan HIV/AIDS di lingkungan TNI, hal ini sejalan dengan semangat bangsa Indonesia untuk mencapai Millenium Developtment Goals (MDGS), khususnya Goal keenam yang terkait dengan AIDS, TB Malaria dan penyakit lainnya.

Indikator yang akan dicapai Bangsa Indonesia terkait HIV/AIDS dalam MDGS tersebut antara lain adalah meningkatnya presentasi remaja yang memiliki pengetahuan konfrehensif tentang HIV/AIDS dan meningkatnya penggunaan kondom secara konsisten pada hubungan seks beresiko. Pelatihan Peer Leader ini diharapkan turut memberi konstribusi dalam pencapaian MDGS tersebut.

Kegiatan yang diprakarsai Pusat Kesehatan TNI (Puskes) bekerjasama dengan Office of Defence Cooperation (ODC) Kantor perwakilan militer Amirika Serikat dan FHI 360 dimaksudkan untuk mendidik prajurit-prajurit TNI sebagai calon-calon penggerak dalam rangka penanggulangan HIV/AIDS baik dikalangan TNI maupun dimasyarakat yang nantinya mereka dapat memberikan penjelasan kepada masyarakat umum dimanapun mereka berada dan bertugas.

Tim Puskes TNI yang dipimpin olehLetkol (Kes) M. Washiludin didampingi Ibu Veniscia Mulyono dari ODC (Office of Defence Cooperation) serta Henri Puteranto dari FHI 360 dan dibantu Kadiskes Lantamal IV Letkol Laut (K) Andi Sugeng Rawuh dan beberapa tenaga Dokter dari Rumah Sakit Angkatan Laut (RS AL) Dr.Midiayanto. S dan Dinkes Pemkot Tanjungpinang.

Adapun materi yang akan diberikan dalam pelatihan antara lain Building Learning Commitment, Organ Reproduksi, Infeksi Menular Seksual, HIV/AIDS, Penyalagunaan Alkohol, Peaktek Presentasi Peer Leader, Post Test, Jejaring dan Layanan HIV Kepulauan Riau, Non Stigma dan Non Diskriminasi Gender, Film Inspirasi Sore.

Turut hadir dalam acara tersebut Danrem 033 Wiratama Tanjungpinang atau yang mewakili, para Asisten Danlantamal IV Tanjungpinang, para Kadis/Kasatker Lantamal IV Tanjungpinang, Danlanudal Tanjungpinang, Danlanud Tanjungpinang, Danyonmarhanlan IV Tanjungpinang. sumber > Dispenarmabar