PUSAT KESEHATAN TNI ALAMAT : MABES TNI GEDUNG B-3 ADI SUCIPTO LT. VI CILANGKAP, JAKARTA TIMUR, INDONESIA Email : puskestni@yahoo.co.id

Kamis, 07 Maret 2013

PELATIHAN KESEHATAN TNI TAHUN 2013

     Dalam upaya pengembangan sumber daya manusia kesehatan TNI yang bermutu serta meningkatkan kemampuan personel kesehatan TNI untuk dukungan kesehatan operasi dan latihan TNI, dengan ini kami mengundang personel kesehatan TNI dari ke tiga matra untuk bergabung dalam berbagai pelatihan yang akan diselenggarakan oleh Puskes TNI bekerja sama dengan kesehatan angkatan dan Ikatan Profesi. Dengan pelatihan ini diharapkan personel kesehatan TNI akan mempunyai kemampuan dan kesiapan yang tinggi untuk melaksanakan tugas-tugas dukungan kesehatan operasi, baik operasi militer perang maupun operasi militer selain perang. 


COMBAT ATLS

Kemampuan Pre hospital trauma life support perlu dimiliki oleh setiap insan prajurit kesehatan TNI dalam situasi yang terbatas, dengan respon time dan evakuasi korban yang cepat akan menentukan keberhasilan dalam penanganan korban. .Pelatihan Combat ATLS akan dilaksanakan tanggal 7 s.d 11 Juni 2013, peserta berpangkat Letda s.d. Letkol lulusan dokter umum. Tempat pelatihan RSAU dr. Esnawan Antariksa, Jakarta dan daerah latihan Pusdikkes Kodiklat TNI AD di desa Tajur Bogor. Alokasi 32 orang peserta.

COMBAT BTCLS


Pelatihan Combat BTCLS merupakan perpaduan BTCLS course dengan kondisi medan tempur sesungguhnya. Pelatihan akan dilaksanaan pada tanggal 9 s.d 16 September 2013, Pangkat Tantama s.d. Pama, untuk PNS gol II s.d. III, min lulusan D3 Keperawatan. Diprioritaskan bagi personel yang bertugas di satpur/satbanpur. Tempat pelatihan RSAU dr. Esnawan Antariksa, Jakarta dan daerah latihan Pusdikkes Kodiklat TNI AD di desa Tajur Bogor. Alokasi 30 orang peserta. 

COMBAT LIFESAVER


Combat Lifesaver merupakan pelatihan kesehatan yang diperuntukan bagi prajurit TNI non medis yang berada di satuan tempur. Pasukan dilatih untuk dapat membantu petugas medis dalam memberikan perawatan dan mempersiapkan korban untuk evakuasi. Pelatihan dilaksanakan tanggal 7 s.d 11 Oktober 2013, Pangkat Tamtama s.d. Bintara non kesehatan. Diprioritaskan pada personel yang bertugas dalam satu batalyon.Tempat pelatihan Pusdikkes Kodiklat TNI AD, Jakarta. Alokasi 30 orang peserta.

PMU


Pelatihan Pengungsian Medik Udara (PMU)dirancang untuk latihan kerja sama tim antara dokter, perawat dan air crew dalam mengevakuasi korban dengan menggunakan pesawat. Pelatihan akan dilaksanaan pada tanggal 23 s.d 27 September 2013 di Lakespra dr.Saryanto, Jakarta. Alokasi 30 orang peserta.

PELATIHAN TENAGA MISKROPIS

Personel kesehatan TNI yang dilatih diharapkan mempunyai kemampuan dalam pemeriksaan laboratorium untuk meningkatkan kualitas hasil pemeriksaan yang lebih akurat dan terstandar. Pelatihan dilaksanakan tanggal 1 s.d 5 April 2013,Pangkat Tamtama s.d. Pama Kesehatan TNI. Diprioritaskan pada personel yang dipersiapkan melaksanakan tugas operasi.Tempat pelatihan Rumkit Tk II Pelamonia Kesdam VII/Wrb. Alokasi 30 orang peserta.

General Emergency Medical Training 

Pengelolaan kasus gawat darurat untuk meningkatkan kemampuan dalam menegakkan diagnose yang tepat, pemberian terapi yang tepat dan cepat. Pelaksanaan pelatihan tanggal 24 s.d 28 Juni 2013. Pangkat Letda s.d. Letkol, untuk PNS gol IIIb s.d. IVb lulusan dokter umum. Tempat pelatihan RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad, Jakarta. Alokasi 30 orang peserta. 


PPGD

Pelatihan penanganan gawat darurat (PPGD) sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan tenaga perawat, bekerja sama dengan para Instruktur Pelatihan dari Dokter Spesialis, Dokter Umum dan Perawat/Paramedik , Tim Pro Emergency dan PERKI, Tim Rescue dan Tim BPBD Provinsi Jawa Barat. Pelaksanaan pelatihan tanggal 27 s.d 31 Mei 2013, Pangkat Tamtama s.d. Pama, untuk PNS gol II s.d. III lulusan perawat. Tempat pelatihan RSAU dr. Moh. Salamun, Bandung. Alokasi peserta 30 orang. 


ACLS


Meningkatkan keterampilan praktis dalam melakukan tindakan pada keadaan kegawatan kardiovaskuler dengan menerapkan prosedur standard dengan panduan/guidlines American Heart Association (AHA) terkini. Pelaksanaan pelatihan tanggal 21 s.d 25 Oktober 2013, Pangkat Letda s.d. Letkol, untuk PNS gol IIIb s.d. IVb Pendidikan umum dokter umum. Tempat pelatihan RSAL dr. Ramelan, Surabaya. Alokasi 30 orang peserta.

EVAKUASI MEDIK LAPANGAN

Melakukan tindakan Evakuasi medis terhadap korban sesuai dengan ketentuan perawatan medis, dan jalur evakuasi mulai dari daerah pertempuran sampai dengan fasilitas kesehatan yang lebih lengkap. Pelaksanaan pelatihan pada tanggal 6 s.d 10 Mei 2013, Pangkat Tamtama s.d. Pama Kesehatan TNI lulusan perawat. Diprioritaskan bagi personel yang bertugas di satuan tempur/banpur. Tempat pelatihan Pusdikkes Kodiklat TNI AD. Alokasi peserta pelatihan 30 orang.


PERAWAT BEDAH LAPANGAN

Peserta pelatihan diharapkan mampu melakukan teknik menjahit, cara menghentikan pendarahan, penanganan patah tulang serta melakukan evakuasi pada korban baik dengan alat maupun tanpa alat. Pelaksanaan pelatihan pada tanggal 22 s.d 26 April 2013, Pangkat Tamtama s.d. Pama Kesehatan TNI, untuk PNS gol II s.d. III. Tempat pelatihan RSAL dr. Ramelan Surabaya. Alokasi peserta 30 orang.


Informasi lebih lanjut dapat menghungungi :
Puskes TNI : 021 84595883 Letkol Ckm Made Suarja
Ditkesad : 021 8012255 Letkol Ckm K Ibrahim Sholeh
Diskesal : 021 8723529 Mayor Laut (K/W) dr. Evi S.
Diskesau : 021 8709409 Letkol Kes Machali

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar