PUSAT KESEHATAN TNI, ALAMAT MABES TNI GD. IGNATIUS ADI SUCIPTO,B-III LT. VI-VII CILANGKAP, JAKARTA TIMUR, email : puskestni@yahoo.co.id

Sunday, July 29, 2012

Tim medis Yonif Mekanis TNI Konga XXIII-C melaksanakan bhakti kesehatan


Pewarta-Indonesia, Lebanon (29/7) – Tim medis Yonif Mekanis TNI Konga XXIII-C melaksanakan bhakti kesehatan di daerah tanggungjawab operasi Indobatt yang meliputi 13 desa, di Lebanon Selatan. Kegiatan ini dilakukan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan pertolongan kesehatan, karena keterbatasan sarana medis yang ada di desa-desa setempat. Tim medis yang beranggotakan satu regu tersebut senantiasa berpindah tempat untuk memberikan pertolongan kepada masyarakat setempat sesuai jadwal waktu medical assistance yang telah diatur oleh perwira CIMIC Batalyon, karena bhakti kesehatan yang dilakukan ini merupakan bagian dari kegiatan teritorial atau CIMIC (Civil Military Cooperation).


Pelaksanaan bhakti kesehatan yang dilakukan oleh tim medis Indobatt juga tidak luput dari sorotan media elektronik setempat yang berusaha memonitor kegiatan kemanusiaan yang dilakukan oleh satgas Konga XXIII-C, sebagaimana dilakukan oleh MurTV Beirut yang telah melakukan peliputan jalannya bhakti kesehatan di daerah Et Taibe, Rabu 29 Juli 2009. Salah satu pasien yang diwawancarai oleh Joyce Akiki, reporter MurTV, mengatakan bahwa, “Kami dilayani dengan baik, dan mereka (tim medis) sangat ramah serta tidak dipungut biaya.” Banyak dari pasien lokal yang merasa senang dengan kegiatan medis seperti yang dilakukan oleh para dokter satgas. Mereka rata-rata menderita penyakit saluran pernafasan dan influenza, namun tidak sedikit dari mereka yang sakit karena telah lanjut usia.

Menurut Letkol Laut (K) dr. Sapta Prihartono SpB, ketua tim medis Indobatt bahwa pasien yang datang ke tempat pengobatan yang disediakan oleh Satgas Konga XXIII-C merupakan pengobatan rawat jalan, dan seandainya mereka ingin melaksanakan kontrol dapat mengunjungi rumah sakit yang ada di markas Indobatt (Level I Hospital) yang berada di Adshit Al Qusayr, UN POSN 7-1. Indobatt memiliki satu Peleton Kesehatan yang beranggotakan 24 orang yang terdiri dari 1 orang dokter spesialis bedah, 1 orang dokter spesialis penyakit dalam dan 1 orang dokter umum serta 21 paramedis/perawat. Kegiatan bhakti kesehatan ini merupakan sarana untuk meningkatkan kepercayaan dan hubungan antara masyarakat setempat dengan kontingen Garuda XXIII-C yang sedang melaksanakan tugas sebagai penjaga perdamaian di Lebanon Selatan sesuai resolusi Dewan Keamanan PBB nomor 1701.