PUSAT KESEHATAN TNI, ALAMAT MABES TNI GD. IGNATIUS ADI SUCIPTO,B-III LT. VI-VII CILANGKAP, JAKARTA TIMUR, email : puskestni@yahoo.co.id

Saturday, May 14, 2011

BAKTI KESEHATAN 15 NEGARA DI PROV. BENGKULU

BENGKULU, KOMPAS.com - Militer dari 13 negara di Asia Pasifik menggelar bakti kesehatan di Provinsi Bengkulu, Senin (9/5/2011) sampai Sabtu (14/5/2011). Acara ini diharapkan menjadi media untuk saling belajar sesama peserta dan
meningkatkan profesionalime personel kesehatan TNI.

Kelima belas negara yang ikut ialah Australia, Kamboja, Indonesia, Malaysia, Nepal, Papua Nugini, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste, Tonga, Amerika Serikat, dan Vietnam.
"Militer dari berbagai negara memiliki standar prosedur berbeda dalam tindakan kesehatan. Melalui kegiatan ini kami bisa berbagi pengalaman dan pengetahuan. Ada beberapa yang bisa diadopsi oleh TNI," kata Kepala Pusat Kesehatan TNI Marsekal Muda Mariono Reksoprodjo Sp.OG, Sp.PK, Senin (9/5/2011), di Bengkulu.
Selain workshop, peserta juga akan menggelar pengobatan gratis bagi warga di tiga daerah, yakni Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu Utara, dan Seluma.
"Pelayanan yang kami sediakan ialah pengobatan umum, gigi, keluarga berencana, dan operasi katarak," ujar Komandan Korem 041/ Garuda Emas Kolonel Putut Winarno.
Kegiatan bernama Tendon Valiant IX Medica l Readiness Training Exercise (Medrete) 2011 itu merupakan kerja sama TNI dengan militer Amerika Serikat, yang ada di Pasifik.
Medrete 2011 merupakan salah satu kegiatan dari serangkaian latihan bersama multilateral yang ditetapkan melalui pertemuan United States Indonesia Bilateral Defense Discussion (USIBDD) Februari 2011, di Honolulu Hawaii, Amerika Serikat.
Kegiatan yang digelar berpindah-pindah ini sudah enam kali diselenggarakan di Indonesia, yakni di Lombok, Nusa Tenggara Barat (2003), Kuningan, Jawa Barat (2006), Yogyakarta (2007), Bukittinggi, Sumatera Barat (2008), Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat (2009), dan Balikpapan (2010).