PUSAT KESEHATAN TNI, ALAMAT MABES TNI GD. IGNATIUS ADI SUCIPTO,B-III LT. VI-VII CILANGKAP, JAKARTA TIMUR, email : puskestni@yahoo.co.id

Wednesday, March 2, 2011

SIAPKAN TRIMATRA TNI


Kesehatan prajurit merupakan bagian mutlak untuk diperoleh dan dijaga mulai dari proses rekrutmen, pendidikan, pembinaan, penugasan dan purna tugas.
       Sehat adalah kondisi seorang prajurit, yang meliputi aspek fisik, mental dan kepribadian serta lingkungan sosialnya : lingkungan hidup dan komunikasi sosial, bukanya tidak sakit dan tidak cacat.
        Pembinaan kesehatan prajurit dilaksanakan secara berkesinambungan dengan mengacu kepada prinsip penugasan, yaitu dapat melaksanakan tugas apapun terutama tugas operasi khususnya tempur.
 Selama dalam masa dinas aktif seorang prajurit harus selalu mempertahankan kondisi kesehatan yang optimal agar mampu melaksanakan tugas dengan baik dan dengan mengupayakan pembinaan yang meliputi aspek preventif, aspek kuratif dan aspek rehabilitasi.
        Dengan mengacu pada definisi sehat maka kondisi yang baik bagi seorang prajurit adalah prasyarat mutlak untuk melaksanakan tugas. Sumber Majalah 35 Tahun Pengabdian Puskes TNI Tahun 2003