Indria Sari, MD, MPH/ Captain/ Flight Surgeon
3 Fighter Squadron, Iswahjudi Air Force Base
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEikEAc72JbTUzMG5Rx8Y0IRyI328tZrKIeMOEls3T9YZFyCow5CjClhrXwL12Cd-KH_-anAJxMT48fHOQVVZpSO5JZZ6wy0pBD-_O9yK7Nt6-G9d9bLwIQhr8Vn9-OtzpOWV0U6tw5Bvp9l/s200/asean1.jpg)
Seperti yang disebutkan oleh Ketua Komando Pertahanan Udara Nasional (Pangkohanudnas), Marsda TNI Eddy Suyanto dalam briefing pagi, ancaman terorisme pada 4 Mei merupakan salah satu ancaman yang harus dipikirkan. F-16 Fighting Falcon ini dirancang untuk menjadi pesawat tempur multirole. Karna memiliki aerodinamika maju dan avionik. Selain itu dapat mencapai kecepatan maksimum lebih dari Mach 2 (dua kali kecepatan suara). Tidak heran jika F-16 dipilih untuk menjamin keamanan pertahanan udara nasional selama pertemuan tingkat tinggi di Jakarta.
Para pemimpin dan delegasi dari negara-negara tetangga akan tiba pada 5-6 Mei. Sementara itu, puncak KTT ASEAN itu sendiri akan pada 07-08 Mei di mana para pemimpin dari 10 negara akan memiliki pertemuan resmi. KTT ASEAN pertama kali diselenggarakan di Bali pada tahun 1976. Pertemuan tahunan ini diselenggarakan dalam kaitannya dengan ekonomi perkembangan budaya dari negara-negara Asia Tenggara. Pada tahun 2011, duduk sebagai ketua, Indonesia mencoba untuk mengakomodasi beberapa agenda yang akan dibahas dalam pertemuan ini.
Misi dari F-16 tidak terbatas pada siang hari saja. Karena agenda KTT ASEAN, pertemuan dijadwalkan akan diadakan di malam hari juga. Untuk itu, Dragon Warrors siap untuk melakukan penerbangan malam ke puncak aman ini. Dalam hal ini, penting bagi ahli bedah penerbangan untuk mengingatkan pilot untuk menghindari cahaya terang siang hari sebelum masa tugas sebagai bantuan dalam adaptasi gelap dan menggunakan O2 tambahan saat berada di malam hari.
Segera setelah "Tangkis Petir" Operasi selesai, dua latihan akan mengikuti. Mereka adalah "Kilat" dan "Cakra" latihan. "Kilat" latihan dimaksudkan untuk developvthe kesiapan Ground Control Interceptor (GCI) unit radar yang ditempatkan di Tanjung Kait dan Cibalimbing. panduan GCI pesawat pencegat (F-16) untuk lebih dekat dengan "objek yang tidak diketahui" terbang di atas wilayah Indonesia. Oleh karena itu, pesawat pencegat mampu membuat identifikasi visual. Tujuan utama dari latihan ini adalah untuk melatih unsur-unsur pertahanan udara di bawah Komando Sektor I (Kosek I). Sementara tujuan utama dari latihan "Cakra" adalah untuk menilai kemampuan para pilot F-16 dalam melakukan manuver tempur taktis.
Universal disepakati, latihan membuat sempurna. Sejumlah latihan dalam seminggu di atas ibukota diharapkan dapat meningkatkan kualitas pilot F-16 kita.
Naga prajurit dalam "Tangkis Petir" Operasi, "Kilat" dan "Cakra" latihan:
Kunci keberhasilan dalam setiap misi adalah tim yang solid. Selain kesiapan F-16 dan dukungan dasar yang memadai, aspek kesehatan juga penting. Mengambil istirahat, gizi yang baik dan latihan (seperti jogging, bermain sepak bola, dll) akan menjaga kondisi kita tetap fit. Memang benar bahwa kesehatan bukanlah segalanya, tetapi tanpa kesehatan, misi apapun tidak dapat mencapai tujuan yang optimal. Jagalah agar pilot kami tetap sehat. agar mereka aman terbang.